Tuesday, 21 April 2015

Fungsi Evaluasi Pendidikan



FUNGSI EVALUASI PENDIDIKAN

1.    Fungsi Umum
a.       Mengukur kemajuan
b.      Menunjang penyusunan program
c.       Memperbaiki program
Menurut saya dalam fungsi ini sudah dijelaskan bahwa guru diharapkan selalu mengontrol ataupun mengukur setiap kemampuan siswanya entah siswa itu kemampuannya masih belum ada perubahan ataupun sudah memiliki kemajuan dari sebelumnya melalui nilai – nilai harian ataupun hasil ulangan  karena setiap kemampuan siswa tidak selalu sama, sehingga guru juga harus memiliki penyusunan program yang sekiranya siswa dapat memahami apa yang telah di jelaskan oleh gurunya ketika pelajaran berlangsung dan kelas juga tidak terkesan monoton. Dengan demikian guru tersebut dapat melihat hasil dari pelaksanaan programnya entah itu bisa dikatakan berhasil atau tidak. Kalaupun program yang telah dijalankan belum berhasil, guru tersebut harus memperbaiki dan memperbarui program – programnya agar pengajaran bisa maksimal.
Contoh :
Misalkan saja saya seorang guru ekonomi yang sedang mengajar disebuah SMP kelas 7. Saya mengukur kemampuan murid – murid saya dengan melihat dan membandingkan nilai – nilai murid saya dari nilai harian dan juga hasil ulangan mata pelajaran ekonomi dalam sepekan terakhir. Ketika saya melihat nilai – nilai tersebut ada beberapa murid yang nilainya anjlok dan sedikit sekali mengalami kemajuan. Ketika menghadapi dalam hal seperti itu yang ada dalam pikiran saya adalah apakah cara saya mengajar mata pelajaran ekonomi  kurang jelas? ataukah memang murid tersebut kurang memperhatikan ketika saya menjelaskan di depan kelas. Tindakan utama yang akan saya ambil adalah saya merancang program – program dan strategi – strategi baru yang nantinya akan saya terapkan di dalam kelas. Seperti saya mengadakan kuis bab kebutuhan untuk keesokan harinya dengan tujuan agar mereka tetap mengingat dari materi – materi kebutuhan sebelumnya. Ketika kuis sudah selesai, saya sudah siapkan barang – barang apa saja yang termasuk dalam kebutuhan mereka agar mereka bisa mengklasifikasikan termasuk kebutuhan menurut apa saja. Dengan begitu tidak hanya saya saja yang menjelaskan, tetapi mereka juga akan ikut berfikir. Pada saat program dan strategi yang saya terapkan tadi ada sebuah perubahan dari semua murid – murid saya, saya akan menerapkan program dan strategi itu sesering mungkin dan juga akan menambahnya dengan program dan strategi baru agar pembelajaran yang saya terapkan tidak terkesan monoton.
2.    Fungsi Khusus
1)      Psikologis
a.       Bagi peserta didik mengenal kapasitas dan status dirinya
b.      Bagi pendidik : kapasitas tentang hasil usahanya
2)      Didaktik
a.       Peserta didik : dorongan perbaikan / peningkatan prestasi
b.      Pendidik :
1.      Fungsi diagnostik
2.      Fungsi penempatan
3.      Fungsi selektif
4.      Fungsi bimbingan
5.      Fungsi instruksional
Menurut saya dalam fungsi ini bertujuan agar si pendidik dan juga peserta didik dapat menilai dan menggali potensi dirinya masing – masing apa saja kekurangan guru dalam mendidik murid – muridnya serta apa saja kekurangan murid dalam hal belajar. Dengan begitu guru dapat mengatur program dan strategi pembelajaran agar antara guru dan murid terjalin interaksi yang baik, guru dapat mengajar dengan baik dan murid juga dapat menyerap apa yang telah di sampaikan oleh gurunya tersebut. Sedangkan bagi murid bisa memperhatikan penjelasan guru dengan baik dan senang. Ketika murid merasa kesulitan, mereka tidak takut lagi untuk bertanya kepada guru tersebut karena guru dalam menjelaskan lebih menyenangkan dan membawa suasana kelas tidak monoton. Guru juga diharapkan mampu untuk memotivasi murid – muridnya ketika mereka merasa down dan siap untuk memberikan bimbingan.
Contoh :
Pada saat pembagian rapor disitu dapat dilihat hasil belajar mata pelajaran ekonomi murid saya turun ataukah naik. Dengan adanya rapor tersebut saya sebagai guru ekonomi dapat melihat kemampuan dan juga kapasitas saya dalam mengajar di kelas, selain itu bagi murid saya mereka dapat mengetahui seberapa besar kemampuan mereka dalam mata pelajaran ekonomi  Ketika murid saya mengalami penurunan dalam hasil belajar mata pelajaran ekonomi, saya akan menanyakan terlebih dahulu bagian mana yang terasa sulit untuk di pelajari dan dipahami. Misalnya pada bab uang, mereka kesulitan dalam memahami bab uang, saat itu saya akan memberikan penjelasan pengulangan pada bab tersebut agar mereka tidak tertinggal dengan teman – teman yang lainnya. Sedangkan saya sebagai guru tidak boleh menilai murid saya adalah murid yang rendah kemampuannya, tetapi saya akan memberikan bimbingan terlebih dulu agar dia bisa memperbaiki nilai – nilai mereka yang anjlok, selanjutnya saya akan memberikan motivasi agar mereka tidak meresa minder dengan apa yang mereka peroleh


3.    Fungsi Administratif
a.       Memberikan laporan
b.      Menyediakan data
c.       Gambaran kondisi lembaga pendidikan atau sekolah
Menurut saya dalam fungsi ini adalah setiap hasil pembelajaran pasti ada sebuah laporan hasil pembelajaran selama satu semester. Dalam laporan tersebut sudah tercatat nilai – nilai yang sudah di gabungkan menjadi rata – rata dari data yang selama satu semester sudah dikumpulkan. Sehingga ketika ada protes dari wali murid, wali kelas dapat menunjukkan bukti dari data tersebut.
Contoh :
Misalnya dalam hari pembagian rapor ada seorang wali murid yang protes melihat hasil belajar mata pelajaran ekonomi anaknya mendapat nilai merah kepada wali kelas. Lalu wali kelas memanggil saya selaku guru ekonomi yang mengajar anak tersebut. Dalam posisi itu untuk menjelaskan ke wali murid dengan membawa data nilai – nilai harian, nilai ulangan, nilai UTS, dan nilai UAS dari murid tersebut agar wali murid tidak menanyakan lagi kenapa anaknya bisa mendapatkan nilai merah pada mata pelajaran ekonomi. Dengan begitu wali murid juga akan mengerti proses dari hasil akhir dalam laporan tersebut dan juga saya akan meminta tolong agar wai muridnya selaku orang tua dari murid tersebut ikut memperhatikan kegiatan – kegiatan dan cara belajar anak – anaknya agar orang tua juga t ikut mengetahui perkembangan anakya selama belajar di sekolah.

No comments:

Post a Comment