Mata Pelajaran Ekonomi
Departemen Pendidikan Nasional (2003:6) mendefinisikan
ilmu ekonomi sebagai “ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi
kebutuhanhidupnya yang banyak, bervariasi, dan berkembang dengan sumber daya
yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi, dan/atau
distribusi”. Sedangkan menurut Paul A. Samuelson (dalam Sukwiaty dkk, 2009:120)
ilmu ekonomi merupakan suatu studi tentang perilaku orang dan masyarakat dengan
memilih cara menggunakan sumber daya yang langka dan memiliki beberapa
alternatif penggunaan, dalam rangka memproduksi berbagai komoditas, untuk
kemudian menyalurkannya, baik saat ini maupun di masa depan kepada berbagai
individu dan kelompok di masyarakat.
Sesuai
kurikulum 2013, mata pelajaran ekonomi bertujuan agar siswa memiliki kemampuan
sebagai berikut:
1)
Memenuhi
sejumlah konsep ekonomi yang berkaitan peristiwa dan masalah ekonomi dengan
kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan individu, rumah tangga, masyarakat,
ataupun Negara.
2)
Menampilkan
sikap ingin tahu terhadap sejumlah konsep ekonomi yang diperlukan untuk
mendalami ilmu ekonomi.
3)
Membentuk
sikap bijak, rasional, dan bertanggungjawab dengan memiliki pengetahuan dan
keterampilan ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi yang bermanfaat bagi diri
sendiri, rumah tangga, masyarakat, maupun Negara.
4) Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, proaktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas beerbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif di lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia (Permendikbud 69
Tahun 2013 Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar).
No comments:
Post a Comment