Monday, 18 July 2016

Mata Pelajaran Ekonomi



Mata Pelajaran Ekonomi
           Departemen Pendidikan Nasional (2003:6) mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai “ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhanhidupnya yang banyak, bervariasi, dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi, dan/atau distribusi”. Sedangkan menurut Paul A. Samuelson (dalam Sukwiaty dkk, 2009:120) ilmu ekonomi merupakan suatu studi tentang perilaku orang dan masyarakat dengan memilih cara menggunakan sumber daya yang langka dan memiliki beberapa alternatif penggunaan, dalam rangka memproduksi berbagai komoditas, untuk kemudian menyalurkannya, baik saat ini maupun di masa depan kepada berbagai individu dan kelompok di masyarakat.
           Sesuai kurikulum 2013, mata pelajaran ekonomi bertujuan agar siswa memiliki kemampuan sebagai berikut:
1)   Memenuhi sejumlah konsep ekonomi yang berkaitan peristiwa dan masalah ekonomi dengan kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan individu, rumah tangga, masyarakat, ataupun Negara.
2)   Menampilkan sikap ingin tahu terhadap sejumlah konsep ekonomi yang diperlukan untuk mendalami ilmu ekonomi.
3)   Membentuk sikap bijak, rasional, dan bertanggungjawab dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi yang bermanfaat bagi diri sendiri, rumah tangga, masyarakat, maupun Negara. 
4)  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas beerbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif di lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia (Permendikbud 69 Tahun 2013 Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar).

No comments:

Post a Comment