1.
Pengertian
Motivasi Belajar
Motivasi belajar adalah dorongan
yang timbul dari dalam diri siswa untuk melakukan kegiatan belajar, serta akan
meningkatkan keterampilan dan pengalaman siswa. Menurut Yamin ( 2007: 219 )
menyatakan bahwa motivasi belajar merupakan daya penggerak psikis dalam diri
seseorang untuk dapat melakukan kegiatan belajar dan menambah keterampilan dan
pengalaman. Sedangkan menurut Suhana (
2014: 24 ) menjelaskan bahwa motivasi belajar merupakan kekuatan, daya
pendorong, atau alat kesediaan dan keinginan yang kuat dalam diri peserta didik
untuk belajar secara aktif, kreatif, efektif, inovatif, dan menyenangkan dalam
rangka perubahan perilaku baik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.
2.
Fungsi Motivasi
Menurut
Suhana (2014: 24) fungsi motivasi dalam kegiatan belajar mengajar adalah
sebagai berikut.
a.
Motivasi
merupakan alat pendorong terjadinya perilaku belajar peserta didik.
b.
Motivasi
merupakan alat untuk memengaruhi prestasi belajar peserta didik.
c.
Motivasi
merupakan alat untuk memberikan direksi terhadap pencapaian tujuan
pembelajaran.
d.
Motivasi
merupakan alat untuk membangun sistem pemmbelajaran lebih bermakna.
3.
Jenis Motivasi
Menurut Suhana (2014:
24) jenis motivasi dalam kegiatan belajar mengajar adalah sebagai berikut.
a.
Motivasi
intrinsik adalah motivasi yang datangnya secara alamiah atau murni dari diri
peserta didik itu sendiri sebagai wujud adanya kesadaran diri (Self awareness) dari lubuk hati yang
paling dalam.
b. Motivasi ekstrinsik
adalah motivasi yang datangnya disebabkan faktor – faktor diluar peserta didik
seperti adanya pemberian nasihat dari gurunya, hadiah (reward), kompetesi sehat antar peserta didik, hukuman (funishment), dan sebagainya.
No comments:
Post a Comment