Monday, 18 July 2016

RPP Ekonomi Kelas XI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

     
Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XI IPA (Peminatan)/Genap
Materi Pokok              : Indeks Harga Konsumen dan Inflasi
Alokasi Waktu            : 2 X 45 Menit
Pertemuan                   : 1-2

A.   KOMPETENSI  INTI (KI)
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati, mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi   atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,  serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.       Mensyukuri pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia untuk kesejahteraan rakyat
1.2.       Mengamalkan nilai-nilai agama dalam peranannya sebagai pelaku ekonomi
2.1.       Bersikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kreatif, dan mandiri dalam upaya mengatasi permasalahan pembangunan di Indonesia
2.2.       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,  tanggung jawab, peduli, dan kritis sebagai pelaku ekonomi
3.6.   Menganalisis Pengertian,Tujuan dan Metode Perhitungan Indeks Harga Konsumen
4.6.   Menganalisis Pengertian, Penyebab,Jenis, Perhitungan, dampak dan cara mengatasi inflasi serta Permintaan Uang dan Jumlah uang yang beredar

Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1.      Mengamalkan ajaran agama dalam konsep pembangunan ekonomi, petumbuhan ekonomi, permasalahan dan cara mengatasinya
1.1.2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, mandiri, adil, berani, peduli dalam melakukan kegiatan ekonomi
2.1.1.      Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kreatif, dan mandiri dalam upaya mengatasi permasalahan pembangunan di Indonesia
2.1.2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,  tanggung jawab, peduli, dan kritis sebagai pelaku ekonomi
3.6.1        Menjelaskan Pengertian Indeks Harga Konsumen
3.6.2        Menyebutkan Tujuan Perhitungan Indeks Harga Konsumen
3.6.3        Menjelaskan metode perhitungan Indeks Harga Konsumen
4.6.1        Menjelaskan pengertian inflasi
4.6.2        Menyebutkan penyebab terjadinya inflasi
4.6.3        Menyebutkan jenis-jenis inflasi
4.6.4        Menjelaskan perhitungan inflasi
4.6.5        Menyebutkan dampak dan cara perhitungan Inflasi
4.6.6        Menjelaskan permintaan uang
4.6.7        Menjelaskan Jumlah Uang yang beredar

C.  Tujuan Pembelajaran
Melalui pengalaman belajar yang meliputi : pengamatan di lingkungan sekitar, mengkaji literatur, berdiskusi, mengumpulkan informasi
1.      Setelah mengikuti proses pembelajaran dengan metode diskusi dan ceramah bervariasi, peserta didik dapat menjelaskan pengertian Indeks Harga Konsumen dengan benar.
2.      Setelah mengikuti proses pembelajaran dengan metode diskusi dan ceramah bervariasi, peserta didik dapat menyebutkantujuan perhitungan Indeks Harga Konsumen dengan benar.
3.      Setelah mengikuti proses pembelajaran dengan metode diskusi dan ceramah bervariasi, peserta didik dapat menjelaskan metode perhitungan  Indeks Harga Konsumen dengan benar.
4.      Setelah mengikuti proses pembelajaran dengan metode tanya jawab peserta didik dapat menjelaskan Pengertian Inflasi dengan benar.
5.      Setelah mengikuti proses pembelajaran dengan metode diskusi dan ceramah bervariasi, peserta didik dapat menyebutkan penyebab terjadinya inflasi dengan benar.
6.      Setelah mengikuti proses pembelajaran dengan metode diskusi dan ceramah bervariasi, peserta didik dapat menyebutkan jenis-jenis inflasi dengan benar.
7.      Setelah mengikuti proses pembelajaran dengan metode diskusi dan ceramah bervariasi, peserta didik dapat menjelaskan perhitungan inflasi dengan benar.
8.      Setelah mengikuti proses pembelajaran dengan metode diskusi dan ceramah bervariasi, peserta didik dapat menyebutkan dampak dan cara mengendalikan inflasi dengan benar.
9.      Setelah mengikuti proses pembelajaran dengan metode diskusi dan ceramah bervariasi, peserta didik dapat menjelaskan permintaan  uang dengan benar.
10.  Setelah mengikuti proses pembelajaran dengan metode diskusi dan ceramah bervariasi, peserta didik dapat menjelaskan jumlah uang yang beredar dengan benar.

D.      Materi Pembelajaran
Fakta :
2.         Harga yang berubah dari tahun ke tahun terkadang tidak dapat diprediksikan
3.         Sebagaian masyarakat tidak mengetahui tentang perhitungan Indeks Harga Konsumen
4.         Terjadi peningkatan harga dari tahun ke tahun
5.         Peningkatan harga yang terjadi dapat dikarenakan   jumlah permintaan yang naik
6.         Inflasi diatas 30% dapat membuat kekacauan bagi negara
7.         Sebagian besar masyarakat tidak mengetahui perhitungan inflasi
8.         Dengan menaikkan suku bunga tabungan akan mampu menarik minat orang untuk menabung
9.         Banyak orang memilih menyimpan kekayaan dalam bentuk uang
10.     Dengan banyaknya uang yang beredar di masyarakat maka akan menyebabkan inflasi


Konsep :
1.    Pengertian Indeks Harga Konsumen
2.    Tujuan Perhitungan Indeks Harga Konsumen
3.    Metode Perhitungan Indeks Harga Konsumen
4.    Pengertian Inflasi
5.    Penyebab terjadinya inflasi
6.    Jenis-jenis inflasi
7.    Perhitungan Laju inflasi
8.    Dampak dan cara mengendalikan inflasi
9.    Permintaan uang
10.Jumlah uang yang beredar

Prinsip
1.    Memahami Pengertian Indeks Harga Konsumen
2.    Memahami  Tujuan Perhitungan Indeks Harga Konsumen
3.    Memahami Metode Perhitungan Indeks Harga Konsumen
4.    Memahami Inflasi
5.    Memahami penyebab terjadinya inflasi
6.    Memahami Jenis-jenis inflasi
7.    Memahami perhitungan inflasi
8.    Dampak dan cara mengendalikan inflasi
9.    Permintaan uang
10.     Jumlah uang yang beredar


E. Metode Pembelajaran
  1. Pendekatan     :Scientific Approach
  2. Model              :STADdipadu Talking Stick (pertemuan 1)
STADdipadu Talking Stick (pertemuan 2)
  1. Metode            : Diskusi kelompok, Ceramah bervariasi, presentasi, tanya jawab, penugasan

F. Media, Alat, dan Sumber  Pembelajaran 
a.       Media                                     : Media presentasi Power PointIndeks Harga Konsumen
b.      Alat                             :Papan Tulis, Spidol/Kapur Tulis, Laptop, Penghapus
  1. Sumber Belajar         :
ü Buku Ekonomi Kelas XI    : Suparmin. Astuti, D. S. & Sawiji Hery. 2014. Ekonomi XI Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Surakarta: Mediatama
ü Internet


G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Tahapan
Kegiatan guru
Kegiatan peserta didik
Alokasi waktu
1.      PENDAHULUAN
20 Menit
a.       Orientasi
Ø Menyiapkan peserta didik secara secara psikis (berdoa) dan fisik (presensi dan peralatan pembelajaran)
ü Berdoa bersama dan menyiapkan peralatan pembelajaran


b.      Apersepsi
Ø Menyampaikan KI, KD, dan tujuan pembelajaran (melalui power point)
Ø Mengajukan pertanya an-pertanyaan yang sudah dipelajari dan yang terkait materi pajak minggu lalu
ü Memperhatikan penjelasan dari guru melalui power point

ü Menjawab pertanyaan guru secara individu atau bersama-sama


c.       Motivasi
Ø Membangkitkan motivasi peserta didik
Ø Memberikan pretes untuk mengetahui kemampuan awal siswa
ü Memperhatikan penjelasan guru
ü Mengerjakan Pretes

d.      Pemberian acuan
Ø Menyampaikan garis besar cakupan materi Pengertian Indeks Harga Konsumen, Tujuan Perhitungan Indeks Harga Konsumen, Metode Perhitungan Indeks Harga Konsumen, Permintaan Uang dan Jumlah uang yang beredar
Ø Menyampaikan metode dan model pembelajaran yang akan dilaksanakan yakni STAD dipadu Talking Stick
ü Memperhatikan penjelasan guru dan bertanya apabila ada yang belum jelas






ü Mendengarkan instruksi dari guru dan bertanya apabila ada yang belum jelas


2.      KEGIATAN INTI
50 Menit
a.    Mengamati
(Observing)

Ø Meminta peserta didik mengamati slide power point tentang Pengertian, Tujuan, Metode Perhitungan Indeks Harga Konsumen, Permintaan Uang dan Jumlah uang beredar
ü  Peserta didik mengamati tayangan slide power point


b. Menanya(Questioning)

Ø Mengistruksikan peserta didik untuk bertanya maupun memberikan pendapat tentang slide power point yang diamati
ü Mengajukan berbagai pertanyaan secara individu atau kelompok


c. Menalar / Mengumpulkan informasi (Associating)

Ø Meminta peserta didik mengumpulkan data/ informasi tentang Pengertian, Tujuan, Metode Penelitian, Jumlah uang beredar dan Permintaan Uang
ü Peserta didik mencari informasi berdasarkan materi terkait yang berasal dari sumber lain


d. Mencoba / mengolah informasi (Experimenting)
Ø Mengistruksikan peserta didik untuk membuat kelompok  yakni 5 orang dalam satu kelompok
Ø Memberikan LKS yang harus dijawab oleh kelompok dengan saling bekerjasama satu sama lain untuk menjawab soal
Ø Guru meminta jawaban perkelompok yang telah dikerjakan peserta didik
ü  Peserta didik membuat kelompok  yakni 5 orang dalam satu kelompok

ü  Peserta didik menjawab LKS dengan kelompoknya




ü  Peserta didik mengumpulkan jawaban sesuai dengan kelompoknya


e. Mengkomunikasikan /Membentuk jejaring (Networking)
Ø Mengistruksikan kepada peserta didik untuk membentuk huruf “O”
Ø Guru memberikan tongkat yang berisi pertanyaan kepada salah satu peserta didik
Ø Guru meminta peserta didik memutar tongkat tersebut bersamaan dengan musik yang diputar oleh guru 
Ø Guru mematikan musik dan meminta peserta didik pemegang tongkat untuk membacakan soal kemudian menjawabnya 
Ø Guru meminta peserta didik lain untuk menanggapi jawaban yang diberikan
Ø Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
Ø Memberikan penguatan konsep tentangperhitungan pajak
ü Peserta didik mengikuti instruksi guru

ü  Peserta didik menerima tongkat yang berisi pertanyaan tersebut

ü Peserta didik memutar tongkat tersebut 


ü Peserta didik mengikuti intruksi guru



ü Peserta didik lain menanggapi jawaban yang disampaikan.


ü Peserta didik tertentu menerima reward


ü Memperhatikan penjelasan guru



3.      KEGIATAN PENUTUP
40  menit

Ø Membimbing peserta didik membuat kesimpulan
Ø Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang dilakukan
Ø Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran berupa beberapa soal uraian yang berkaitan dengan hasil kegiatan diskusi(dalam kegiatan “Mengkomunikasikan”)
Ø Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas individu yakni membuat rangkuman tentang inflasi
Ø Bersyukur dengan mengucapkan Hamdallah..

Ø Mengucapkan Salam
ü Bersama guru membuat kesimpulan

ü Bersama-sama dengan guru melakukan refleksi

ü Mengerjakan soal








ü Memperhatikan tugas yang diberikan guru




ü Mengucapkan Hamdallah


ü Menjawab salam

















Pertemuan 2
Tahapan
Kegiatan guru
Kegiatan peserta didik
Alokasi waktu
1.      PENDAHULUAN
20 Menit
a.       Orientasi
Ø Menyiapkan peserta didik secara secara psikis (berdoa) dan fisik (presensi dan peralatan pembelajaran)
ü Berdoa bersama dan menyiapkan peralatan pembelajaran


b.      Apersepsi
Ø Menyampaikan KI, KD, dan tujuan pembelajaran (melalui power point)
Ø Mengajukan pertanya an-pertanyaan yang sudah dipelajari dan yang terkait materi pajak minggu lalu
ü Memperhatikan penjelasan dari guru melalui power point

ü Menjawab pertanyaan guru secara individu atau bersama-sama


c.       Motivasi
Ø Membangkitkan motivasi peserta didik
ü Memperhatikan penjelasan guru

d.      Pemberian acuan
Ø Menyampaikan garis besar cakupan materi Pengertian Inflasi, penyebab inflasi, metode perhitungan, dampak dan cara mengatasi inflasi
Ø Menyampaikan metode dan model pembelajaran yang akan dilaksanakan yakni STAD dipadu Talking Stick
ü Memperhatikan penjelasan guru dan bertanya apabila ada yang belum jelas



ü Mendengarkan instruksi dari guru dan bertanya apabila ada yang belum jelas


2.      KEGIATAN INTI
50 Menit
b.    Mengamati
(Observing)

Ø Meminta peserta didik mengamati slide power point tentang Pengertian, penyebab, metode perhitungan, dampak dan cara mengatasi inflasi
ü  Peserta didik mengamati tayangan slide power point


b. Menanya(Questioning)

Ø Mengistruksikan peserta didik untuk bertanya maupun memberikan pendapat tentang slide power point yang diamati
ü Mengajukan berbagai pertanyaan secara individu atau kelompok


c. Menalar / Mengumpulkan informasi (Associating)

Ø Meminta peserta didik mengumpulkan data/ informasi tentang Pengertian, penyebab, metode perhitungan, dampak dan cara  mengatasi inflasi
ü Peserta didik mencari informasi berdasarkan materi terkait yang berasal dari sumber lain


d. Mencoba / mengolah informasi (Experimenting)
Ø Mengistruksikan peserta didik untuk membuat kelompok  yakni 5 orang dalam satu kelompok
Ø Memberikan LKS yang harus dijawab oleh kelompok dengan saling bekerjasama satu sama lain untuk menjawab soal
Ø Guru meminta jawaban perkelompok yang telah dikerjakan peserta didik
ü  Peserta didik membuat kelompok  yakni 5 orang dalam satu kelompok

ü  Peserta didik menjawab LKS dengan kelompoknya




ü  Peserta didik mengumpulkan jawaban sesuai dengan kelompoknya


e. Mengkomunikasikan /Membentuk jejaring (Networking)
Ø Mengistruksikan kepada peserta didik untuk membentuk huruf “O”
Ø Guru memberikan tongkat yang berisi pertanyaan kepada salah satu peserta didik
Ø Guru meminta peserta didik memutar tongkat tersebut bersamaan dengan musik yang diputar oleh guru 
Ø Guru mematikan musik dan meminta peserta didik pemegang tongkat untuk membacakan soal kemudian menjawabnya 
Ø Guru meminta peserta didik lain untuk menanggapi jawaban yang diberikan
Ø Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
Ø Memberikan penguatan konsep tentangperhitungan pajak
ü Peserta didik mengikuti instruksi guru

ü  Peserta didik menerima tongkat yang berisi pertanyaan tersebut


ü Peserta didik memutar tongkat tersebut 


ü Peserta didik mengikuti intruksi guru



ü Peserta didik lain menanggapi jawaban yang disampaikan.


ü Peserta didik tertentu menerima reward


ü Memperhatikan penjelasan guru



3.      KEGIATAN PENUTUP
40  menit

Ø Membimbing peserta didik membuat kesimpulan
Ø Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang dilakukan
Ø Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran berupa beberapa soal uraian yang berkaitan dengan hasil kegiatan diskusi(dalam kegiatan “Mengkomunikasikan”)
Ø Memberikan Postes untuk mengetahui kemampuan siswa setelah dilakukan pembelajaran
Ø Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas individu yakni membuat rangkuman tentang Kebijakan moneter
Ø Bersyukur dengan mengucapkan Hamdallah..

Ø Mengucapkan Salam
ü Bersama guru membuat kesimpulan

ü Bersama-sama dengan guru melakukan refleksi

ü Mengerjakan soal







ü Mengerjakan Postes




ü Memperhatikan tugas yang diberikan guru




ü Mengucapkan Hamdallah


ü Menjawab salam

































 

No comments:

Post a Comment