Metode Pembelajaran
Salah satu keterampilan
guru yang memegang peranan penting dalam proses pembelajaran adalah
keterampilan memilih metode pembelajaran. Menurut Pupuh “metode diartikan sebagai suatu cara yang digunakan untuk menerapkan rencana
yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai
tujuan pembelajaran”. Pemilihan metode terkait langsung dengan usaha-usaha guru
dalam menyajikan pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi sehingga
pencapaian tujuan pembelajaran diperoleh secara optimal. Menurut Simamora terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk
mengimplementasikan strategi pembelajaran, diantaranya yaitu (1) ceramah; (2)
demonstrasi; (3) diskusi; (4) ceramah plus (ceramah dikombinasikan dengan
metode lain; (5) penugasan (resitasi); (6) eksperimental (pengalaman lapangan); (7) pengajaran
beregu; (8) latihan keterampilan dan sebagainya.
Yang menjadi fokus
pembahasan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode penugasan
atau resitasi. Metode ini menekankan kepada murid agar dapat belajar, menemukan
dan merasakan sendiri kegiatan belajar yang dilakukan. Metode penugasan menurut
Mansyur adalah “guru memberikan tugas tertentu agar
siswa dapat melakukan kegiatan belajar, kemudian harus
mempertanggungjawabkannya”. Dengan menerapkan metode ini diharapkan agar siswa
menghasilkan hasil belajar yang lebih mantap, karena siswa melaksanakan
latihan-latihan selama melakukan tugas, sehingga pengalaman siswa dalam
mempelajari sesuatu menjadi lebih berkembang. Darajat menyatakan pemberian tugas dapat
dilakukan dalam beberapa hal, yaitu:
- Siswa diberi tugas mempelajari bagian dari buku tes baik secara kelompok maupun perorangan.
- Siswa diberi tugas untuk melaksanakan sesuatu yang tujuannya melatih siswa dalam hal yang bersifat kecakapan mental dan motorik.
- Siswa diberi tugas untuk mengatasi masalah tertentu dengan cara mencoba mengungkapkannya dengan tujuan agar terbiasa berpikir ilmiah (logis dan sistematis).
- Siswa diberi tugas untuk melaksanakan proyek dengan tujuan agar siswa membiasakan diri untuk bertanggungjawab terhadap penyelesaian suatu masalah, soal, yang telah disediakan dan bagaimana mengolah selanjutnya.
No comments:
Post a Comment