Monday, 18 July 2016

Metode Pembelajaran


Metode Pembelajaran
           Salah satu keterampilan guru yang memegang peranan penting dalam proses pembelajaran adalah keterampilan memilih metode pembelajaran. Menurut Pupuh “metode diartikan sebagai suatu cara yang digunakan untuk menerapkan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran”. Pemilihan metode terkait langsung dengan usaha-usaha guru dalam menyajikan pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi sehingga pencapaian tujuan pembelajaran diperoleh secara optimal. Menurut Simamora terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, diantaranya yaitu (1) ceramah; (2) demonstrasi; (3) diskusi; (4) ceramah plus (ceramah dikombinasikan dengan metode lain; (5) penugasan (resitasi); (6) eksperimental (pengalaman lapangan); (7) pengajaran beregu; (8) latihan keterampilan dan sebagainya.
           Yang menjadi fokus pembahasan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode penugasan atau resitasi. Metode ini menekankan kepada murid agar dapat belajar, menemukan dan merasakan sendiri kegiatan belajar yang dilakukan. Metode penugasan menurut Mansyur adalah “guru memberikan tugas tertentu agar siswa dapat melakukan kegiatan belajar, kemudian harus mempertanggungjawabkannya”. Dengan menerapkan metode ini diharapkan agar siswa menghasilkan hasil belajar yang lebih mantap, karena siswa melaksanakan latihan-latihan selama melakukan tugas, sehingga pengalaman siswa dalam mempelajari sesuatu menjadi lebih berkembang. Darajat menyatakan pemberian tugas dapat dilakukan dalam beberapa hal, yaitu:

  • Siswa diberi tugas mempelajari bagian dari buku tes baik secara kelompok maupun perorangan.
  • Siswa diberi tugas untuk melaksanakan sesuatu yang tujuannya melatih siswa dalam hal yang bersifat kecakapan mental dan motorik.
  • Siswa diberi tugas untuk mengatasi masalah tertentu dengan cara mencoba mengungkapkannya dengan tujuan agar terbiasa berpikir ilmiah (logis dan sistematis). 
  • Siswa diberi tugas untuk melaksanakan proyek dengan tujuan agar siswa membiasakan diri untuk bertanggungjawab terhadap penyelesaian suatu masalah, soal, yang telah disediakan dan bagaimana mengolah selanjutnya.

No comments:

Post a Comment